Rabu, 20 September 2017 - 08:41:31 WIB
Pertajam Keterampilan Belajar di Perguruan Tinggi, LP3 latih 100 Mahasiswa
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 92 kali

Kesuksesan dalam menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi membutuhkan strategi tertentu dalam menggapainya. LP3 melalui P2BKM berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi mahasiswa UM, salah satunya dengan menyelenggarakan Pelatihan Keterampilan Belajar di Perguruan Tinggi bagi Mahasiswa UM.

Hal ini dilakukan mengingat belajar di Perguruan Tinggi memiliki perbedaan signifikan dibandingkan saat sekolah. Dipengaruhi oleh tingkat perkembangan, mahasiswa dianggap memasuki masa remaja akhir dan dewasa awal yang sudah dianggap mandiri, demikian disampaikan oleh Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd, Kepala P2BKM LP3.  Beliau berharap selepas pelaksanaan kegiatan ini mahasiswa memiliki keterampilan dalam mengelola belajarnya dengan model Self Regulated Learning (SRL), mampu menyusun target belajar, baik mingguan, bulanan, dan semesteran. Harapannya, dengan menguasai berbagai keterampilan tersebut, mahasiswa bisa lulus tepat waktu dengan nilai maksimal.

Kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar di Perguruan Tinggi bagi Mahasiswa UM ini sukses dilaksanakan pada 14 September 2017 ini diikuti oleh 100 mahasiswa dari 8 Fakultas di UM, dengan penjaringan peserta melalui sistem pendaftaran online.

Mengingat potensi besar yang dapat digali dari kegiatan ini, Sekretaris LP3, Dr. Eddy Sutadji, M.Pd, dalam sambutannya mengingatkan mahasiswa agar serius dan benar –benar merencanakan studinya, karena aturan baru menyebutkan bahwa mahasiswa S1 diberi masa studi maksimal 10 semester, lebih dari itu sistem otomatis ditutup dan mahasiswa akan menerima selembar surat keterangan pernah studi di UM.

Hadir sebagai narasumber Aji Bagus Priambodo, S.Psi, M.Psi, Irene Maya Simon, S.Pd., M.Pd, dan Gamma RUH, S.Psi., M.Psi.

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa banyak dilibatkan dalam praktik langsung membuat jadwal/rencana belajar dan aktifitas serta manajemen waktu.

 

Penulis: Umi mazidah

Editor: Nabil Muttaqin