Selasa, 17 Oktober 2017 - 14:20:00 WIB
LP3 KEMBALI TERIMA HIBAH REVITALISASI TAHUN 2017
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 142 kali

Melalui dukungan penuh dari oleh Lembaga Pengembangan pendidikan dan Pembelajaran (LP3),Universitas Negeri Malang menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang dipercaya Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristek Dikti sebagai Penerima hibah Revitalisasi tahun 2017.

Hibah Revitalisasi ini merupakan lanjutan dari revitalisasi tahun 2016, yang telah sukses diselenggarakan oleh LP3 UM. Revitalisasi tersebut fokus pada pengembangan kurikulum, sedangkan untuk tahun 2017 fokus pada perangkat pembelajaran pada matakuliah-matakuliah kependidikan.

Program Revitalisasi ini melibatkan 50 dosen terdiri dari perwakilan 1 prodi dari  5 fakultas yaitu Fakultas Sastra, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA, Fakultas Ilmu Sosial, dan Fakultas Pendidikan Psikologi. Output yang akan dihasilkan dari kegiatan revitalisasi ini adalah tersusunnya buku ajar yag ber-ISBN, Media pembelajaran berupa slide presentasi, Perangkat evaluasi baik dengan format essay maupun pilihan ganda (atau format lain), dan bukti implementasi pembelajaran dalam bentuk dokumentasi video.

Kegiatan dilaksanakan selama 3 bulan mulai 19 Agustus sampai 31 Oktober 2017, meliputi: tanggal 19 Agustus 2017 Sosialisai Pengarahan Rektor dan Penyamaan Persepsi Pengembangan Perangkat Pembelajaran; 5 September 2017 Rapat Kerja Penyusunan Buku Ajar dengan target garis besar isi buku; 19 September 2017 Rapat Kerja Lanjutan Penyusunan Buku Ajar dengan target Anatomi buku dan model penyajian isi buku; 3 Oktober 2017 Rapat Kerja Penyusunan Perangkat Evaluasi dengan target Cover, preliminary, pendahuluan Bab buku ajar dan tes formatif; 17 Oktober 2017 Rapat Kerja Penyusunan Media Pembelajaran dengan target Slide dan video;  dan 31 Oktober Rapat Kerja Penyusunan Video Implementasi Pembelajaran dengan target Pengumpulan produk bahan ajar dan perangkat pembelajaran.

Narasumber yang terlibat dalam kegiatan ini Dr. Hj. Endang Sri Andayani , M.Si materi perangkat evaluasi, Dr. Endah Tri Priyatni, M.Pd materi Pembuatan buku, dan Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd materi penyusunan media dan video.

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin