Jumat, 13 Mei 2016 - 09:51:26 WIB
Memberikan Umpan Balik
Diposting oleh : Tomy Dwi Susanto
Kategori: Produk dan Layanan - Dibaca: 117 kali

Review produk media pembelajaran

SERI 9 PERISTIWA PEMBELAJARAN ROBERT M GAGNE

Bagian 7               : Memberikan Umpan Balik

Format                 : video (DVD)

Terbitan               : 2013

 

Robert M Gagne adalah seorang ahli psikologi pendidikan dengan teorinya yang terkenal yaitu Condition of Learning (1965). Dalam teorinya itu mengemukakan apa yang dinamakan dengan “nine events of instruction” atau sembilan langkah/peristiwa belajar.

 

Tahap ketujuh dari 9 peristiwa pembelajaran Gagne adalah memberikan umpan balik. Umpan balik dalam proses pembelajaran sangat diperlukan karena sebagai peserta didik yang berlatih keterampilan / perilaku baru sangat penting untuk memberikan umpan balik yang spesifik dan langsung terhadap kinerja mereka. Umpan balik yang konstruktif teratur membantu untuk mempromosikan terus motivasi untuk belajar. Umpan balik harus ditulis dengan cara untuk membantu peserta didik kesalahpahaman yang benar dan memungkinkan mereka untuk belajar dari kesalahan mereka.  Proses pemberian umpan balik dalam pembelajaran menjadi sangat penting agar guru dapat melakukan apa yang memang harus dilakukan dari kesembilan langkah/peristiwa. Yaitu menyediakan suatu pengalaman belajar agar kondisi mental siswa itu terus terjaga untuk kepentingan proses pembelajaran.

 

DVD ini menjelaskan dasar teori Robert M. Gagne tentang pentingnya memberikan umpan balik dalam pembelajaran, dilengkapi ulasan empiris dari praktisi pembelajaran dari kalangan dosen.