Jumat, 13 Mei 2016 - 09:53:27 WIB
EVALUASI HASIL BELAJAR
Diposting oleh : Tomy Dwi Susanto
Kategori: Produk dan Layanan - Dibaca: 120 kali

Review produk media pembelajaran

EVALUASI HASIL BELAJAR

 

Format                 : video (DVD)

Penerbit              : P2SB LP3

Terbitan               : 2013

 

Robert M Gagne adalah seorang ahli psikologi pendidikan dengan teorinya yang terkenal yaitu Condition of Learning (1965). Dalam teorinya itu mengemukakan apa yang dinamakan dengan “nine events of instruction” atau sembilan langkah/peristiwa belajar.

 

Tahap kedelapan dari 9 peristiwa pembelajaran Gagne adalah mengevaluasi hasil belajar. Evaluasi dalam proses pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik. Selain itu dengan mengetahui perkembangan peserta didiknya maka tenaga pendidik dapat memetakan bagaimanakah perbandingan perkembangan antara peserta didik yang satu dengan lainnya. Evaluasi pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah proses pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan maksimal apa belum? Apakah komponen-komponen yang berkaitan seperti halnya tenaga pendidik, peserta didik maupun materi pembelajaran telah dapat menunjang proses pembelajaran secara maksimal? Sehingga jika hal ini dilakukan maka ke depannya seorang tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.  Proses mengevaluasi hasil belajar dalam pembelajaran menjadi sangat penting agar guru dapat melakukan apa yang memang harus dilakukan dari kesembilan langkah/peristiwa. Yaitu menyediakan suatu pengalaman belajar agar kondisi mental siswa itu terus terjaga untuk kepentingan proses pembelajaran.

 

DVD ini menjelaskan dasar teori Robert M. Gagne tentang pentingnya mengevaluasi hasil belajar, dilengkapi ulasan empiris dari praktisi pembelajaran dari kalangan dosen.