Minggu, 03 Maret 2013 - 07:55:45 WIB
Peningkatan Softskill bagi Mahasiswa Tingkat Terakhir (Career Days)
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Internal - Dibaca: 214 kali

Peningkatan Softskill bagi Mahasiswa Tingkat Terakhir (Career Days)

       Membekali calon lulusan dengan informasi pekerjaan langsung dari sumbernya, Pusat Pengembangan Bimbingan dan Konseling Mahasiswa LP3  menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Softskill bagi Mahasiswa Tingkat Akhir (Career Days). Menghadirkan narasumber dari berbagi bidang pekerjaan yaitu: Drs. Moh. Zein, M.M. bidang jurnalistik, Dra. Surayyah seorang Pengusaha Batik Madura, Abdullah Hoesseini Pengusaha Kerajinan Perak, Dra. Ida Siti Herawati, M.Si seorang Perupa Wanita, dan Ahmadi Yuliono, SH, MBA dari bidang perbankan dan keuangan.

         Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kemampuan  mengenali, memahami kemampuan diri, dan mampu menyiapkan diri masuk ke dunia kerja,  sesuai dengan kemampuan, keterampilan dan minat bidang kerja serta kebutuhan pasar kerja. Selain itu secara khusus mahasiswa  sebagai calon tenaga kerja dapat: mengetahui secara langsung persyaratan kerja yang diperlukan oleh pihak user, langsung dari sumbernya; memecahkan masalah karier terkait dengan proses rekruitmen dan  pengembangan kariernya; serta mengenal minat dan bakat kerja. Hasil yang diharapkan adalah mahasiswa dapat membuat berbagai persiapan diri memasuki dunia  kerja, dan mampu menyesuaikan dirinya dengan kebutuhan pasar  kerja.

         Kegiatan dirancang selama 2 hari yaitu hari Senin-Selasa tanggal 28-29 Oktober 2013 dan diikuti 80 peserta/mahasiswa yang berasal dari 8 Fakultas di Universitas Negeri Malang. Selain peserta mendapatkan informasi langsung dari sumber bidang pekerjaan, juga mendapatkan fasilitas klinik konsultasi yang dalam implementasinya disesuaikan dengan peminatan dari seluruh peserta. Identifikasi peminatan tersebut dilakukan melalui proses pendaftaran, yang formatnya disiapkan oleh panitia. Berdasarkan peminatan peserta, maka pengelompokkan dibagi ke dalam kategori sesuai jumlah pemateri. Kegiatan berjalan lancar dan peserta sangat antusias selama mengikuti kegiatan. Mereka berharap agar kegiatan ini diadakan kembali di tahun yang akan datang.