Kamis, 30 Juni 2016 - 09:18:57 WIB
KEKERASAN DAN TERORISME
Diposting oleh : Tomy Dwi Susanto
Kategori: Produk dan Layanan - Dibaca: 107 kali

KEKERASAN DAN TERORISME

(Kajian Kebahasaan dan Keagamaan)

Ali Ma’sum

Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang

Email: ali.arab_um@yahoo.co.id

 

Abstrak: Kekerasan dan terorisme merupakan sikap radikalisme. Akhir-akhir ini sikap radikalime ini juga merambah dan mewarnai sikap keagamaan sebagian orang yang mengatasnamakan Islam. Hal ini disebabkan antara lain karena sikap berlebihan (al-ghuluww), ekstremitas (al-tatharruf), dan juga kedangkalan pemahaman mereka akan ajaran Islam yang sesungguhnya. Oleh karena itu perlu kiranya dipaparkan kajian yang mendalam tentang pandangan Islam tentang radikalisme (kekerasan dan terorisme) secara komprehensif, baik dari sisi kajian kebahasaan, kajian teks suci (Al-Qur’an dan Al-Hadits), dan juga hasil ijtihad para pakar. Sehingga akhirnya Islam bisa dipahami oleh semuanya (Muslim dan non-Muslim) sebagai agama yang ”wasathan” dan ”rahmatan li al-’aalamiin”.  

 

Kata Kunci: kekerasan, terorisme, bahasa, agama

Pendahuluan

            Fenomena meningkatnya gairah keagamaan akhir-akhir ini, seperti disinyalir oleh Yusuf Qaradhawi (dalam Hanafi, 2013: 33), tidak bisa bisa dipungkiri juga telah diwarnai dengan adanya sikap berlebihan (al-ghuluww) dan ekstremitas (al-tatharruf) di sebagian kalangan umat Islam. Sehingga tuduhan banyak kalangan bahwa Islam menganjurkan kekerasan dan terorisme semakin melekat.

            Konsep menegakkan kebenaran dan memberantas kemungkaran (amar ma’ruf nahi munkar) bagi sebagian kalangan menjadi dalih berbagai aksi kekerasan. Islam dan umat Islam ”seakan” menjadi tidak ramah lagi terhadap penganut agama-agama lain. Padahal sekian banyak banyak teks-teks keagamaan dalam Islam mengecam keras segala bentuk kekerasan dan terorisme seperti dalam pandangan banyak kalangan Barat.

            Oleh karena itu, dengan tulisan sederhana ini penulis ingin bersama-sama mengajak umat Islam khususnya, dan pembaca umumnya, untuk memahami lebih jauh lagi ajaran Islam, sehingga kita dapat memahamkan dan membuktikan kepada orang lain dengan tindakan nyata, bahwa Islam adalah agama kedamaian yang akan menebar kasih sayang di muka bumi ini.

            Tulisan sederhana ini akan memaparkan tentang; (1) pengertian kekerasan dan terorisme, (2) kajian kebahasaan (Arab) istilah kekerasan dan terorisme, (3) istilah kekerasan dan terorisme dalam teks suci (Al-Qur’an dan Al-Hadits), dan (4) pandangan Islam tentang kekerasan dan terorisme.

 

SELENGKAPNYA