Kamis, 20 April 2017 - 12:03:52 WIB
80 MAHASISWA PERDALAM KETERAMPILAN SEBAGAI KONSELOR SEBAYA BERSAMA P2BKM
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 88 kali

Upaya memperluas jangkauan layanan bimbingan konseling ke seluruh mahasiswa Universitas Negeri Malang kembali dilakukan oleh P2BKM LP3 UM dengan menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Konselor Sebayabagi Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Sebanyak 80 Mahasiswa perwakilan dari 8 fakultas Universitas Negeri Malang mengikuti Pelatihan Konselor Sebaya yang diselenggarakan pada tanggal 18 – 19 April 2017 pukul 07.30 – 16.00 WIB di Aula LP3 gedung H8 lantai 2 ini.

Pada pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, sebanyak 5 (lima) orang konselor P2BKM terlibat sebagai narasumber yaitu: Aji Bagus Priyambodo, S.Psi, M.Psi, Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd, Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi, M.Psi, Dr. M. Ramli, M.A, dan Diniy Hidayatur Rahman, S.Pd, M.Pd. selain sebagai narasumber, mereka juga aktif memberikan pendampingan pada aspek-aspek praktek selama pelatihan berlangsung.

Dalam pelatihan ini, Peer Counselor Corner (PCC), sebuah organisasi mahasiswa di bawah naungan P2BKM, turut terlibat aktif dalam kepanitiaan. Sosialisasi tentang organisasi yang bergerak di bidang konseling sebaya di lingkungan UM ini pun diangkat menjadi salah satu materi dalam pelatihan. Mengingat keberadaan PCC dianggap sangat strategis, Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd selaku Kepala P2BKM mengaku siap memberikan dukungan pada PCC untuk mewadahi alumni pelatihan konselor sebaya. Sehingga mahasiswa terfasilitasi dengan lebih mudah untuk mendapatkan layanan konseling dari mahasiswa, oleh mahasiswa, dan untuk mahasiswa.

Ketua LP3, Dr. Sulton, M.Pd., dalam sambutannya berharap peserta yang mengikuti pelatihan ini selain mampu menyelesaikan permasalahan diri sendiri, juga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan untuk membantu menyelesaikan persoalan teman sesama mahasiswa. 

 

Penulis: Umi  Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin