Rabu, 26 April 2017 - 15:32:12 WIB
Dihadiri Umat se Malang Raya, LP3 Kembali Sukses Menyelenggarakan Seminar Agama Hindu
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 155 kali

LP3, melalui Pusat Pengembangan Kehidupan Beragama (P2KB) kembali menyelenggarakan seminar agama Hindu dengan tema “Implementasi Nilai – Nilai Hari Raya Nyepi untuk Memperkokoh Persatuan dalam Kebhinekaandalam Rangka Memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939”.  diselenggarakan pada 22 April 2017 di gedung Sasana Budaya UM, seminar keagamaan ini sukses menarik partisipasi berbagai lapisan umat hindu se-malang raya, termasuk Perkumpulan Hindu Dharma UM, UB, ITN, Poltekes, Guru dan siswa Hindu wilayah Malang, bahkan pemangku agama hindu seJawa Timur.

Seminar Agama Hindu ini sejatinya melibatkan dua narasumber, yang juga merupakan tokoh dan akademisi di kalangan Umat Hindu di Indonesia, yaitu Prof. Dr. I Nengah Bawa A., M.Si dari Undhiksa Bali serta Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum., namun belakangan Ketua Pelaksana seminar mengkonfirmasi bahwa Prof. Dr. I Nengah Bawa A., M.Si  tidak dapat menghadiri seminar karena cuaca buruk yang mengganggu penerbangannya.

Namun hal itu tidak mengurangi kekhidmadan seminar, mengingat Drs. Dewa Agung Gede Agung, M.Hum sebagai pembicara tunggal mampu menyampaikan topik yang menarik tentang kebhinekaan. Menurut beliau, Hindu adalah agama yang menghargai keragaman keberagamaan, demikian yang disampaikan dalam penyampaian materinya. Bukti Hindu cinta kebhinekaan adalah dimilikinya rasa empati yaitu mau menerima perbedaan. Agama Hindu sudah teruji secara diakronis berlatar perjalanan sejarah, sangat memahami makna dari “keragaman” dan “kebergamaan”, yang telah diperkenalkan sejak diberlakukannya tahun Saka di India.

Sementara itu, ketua LP3, Dr. Sulton, M.Pd mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini sebagai wujud rasa saling menghargai  antar umat beragama di lingkungan UM sebagai Universitas yang Unggul dan menjadi rujukan baik nasional bahkan internasional, beliau menambahkan, bahwa kegiatan seminar seperti ini merupakan indikasi positif yang menunjukkan bahwa UM bisa menjadi miniatur Indonesia, semua umat beragama bisa hidup berdampingan dalam kedamaian yang dilandasi pancasila yang mengakui adanya kebhinekaan, demikian papar Ketua LP3 di akhir sambutannya.

Senada dengan Ketua LP3, Wakil Rektor IV Drs. I Wayan Dasna , M.Si, M.Ed., Ph.D. juga menyampaikan bahwa UM melayani seluruh lapisan masyarakat yang ada di Indonesia, mencakup suku, agama, dan ras. Harapannya segenap civitas akademika, khususnya yang beragama hindu dapat berperan aktif dalam mewujudkan visi misi UM untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dan menjadi rujukan.

Turut hadir jajaran pimpinan Universitas Negeri Malang antara lain: Wakil Rektor IV Drs. I Wayan Dasna , M.Si, M.Ed., Ph.D., Wakil Rektor III Dr. Syamsul Hadi, M.Pd, Ph. D, Ketua LP3 Dr. Sulton M.Pd, Sekretaris LP3 Dr. Eddy Sutadji, Kepala P2KB Dr. Yusuf Hanafi , S.Ag, M.Fil.I, dan Kepala P2MU Drs. H. Zainul Abidin , M.Pd.

 

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin