Jumat, 28 April 2017 - 11:14:04 WIB
Refleksi Peristiwa Isra' Mi'raj dan Pesan Religius Yang Tidak Lekang Oleh Jaman
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 238 kali

Isra' Mi'raj merupakan salah satu peristiwa paling kontroversial dalam sejarah perjalanan da'wah Nabi Muhammad SAW. Sejarah mencatat, bahwa momen tersebut sempat menggemparkan seantero kota. Namun di balik arus perdebatan yang runcing antara kelompok yang percaya dengan yang mengingkari peristiwa kenabian tersebut, terdapat banyak hikmah yang bisa dipetik.

Ustad Faris Khoirul Anam, Lc., M.A dalam ceramahnya pada Peringatan Isra’ Mi’raj bagi Mahasiswa PPG Pasca SM-3T menyampaikan bahwa kepercayaan akan peristiwa Isra' Mi'raj adalah pengejawantahan dari keimanan kepada sesuatu yang ghaib.  Dalam hal ini Alquran secara eksplisit memerintahkan umat Islam untuk mengimani sesuatu yang ghoib, tentu saja salah satu konsekwensinya adalah percaya akan terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj. Sebagaimana yang termuat dalam QS. Albaqarah ayat 3:

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka" (QS.2:3).

Pada kegiatan Peringatan Isra’ Mi’raj  yang diselenggarakan P4G LP3 pada 24 April 2017 tersebut,  Ustad Faris Khoirul Anam, Lc., M.A juga menekankan bahwa selain masalah keimanan, salah satu pesan penting yang dapat disarikan dari peristiwa Isra'Mi'raj adalah anjuran menjaga sholat, karena amalan pertama kali yang akan dimintai pertanggung jawaban kelak di akhirat adalah sholat. Shalat, selain sebagai kewajiban, juga merupakan identitas seorang muslim, dalam hal ini beliau menukil QS. Maryam ayat 59

فَخَلَفَ مِنْ بَعْدِهِمْ خَلْفٌ أَضَاعُوا الصَّلَاةَ وَاتَّبَعُوا الشَّهَوَاتِ ۖ فَسَوْفَ يَلْقَوْنَ غَيًّا

"Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka mereka kelak akan menemui kesesatan" (Q.S. 19:59)

Setelah ratusan tahun peristiwa Isra' mi'raj ini terjadi, hingga kini umat islam masih tetap konsisten memperingati terjadinya momen bersejarah tersebut, serta mangamalkan pesan-pesan keimanan dan perintah solat. Catatan sejarah serta pesan religius dari peristiwa isra'mi'raj yang tidak lekang oleh waktu ini, merupakan bukti dari kebenaran wahyu. Di akhir ceramahnya Ustad Faris Khoirul Anam, Lc., M.A mengajak sekitar 200 peserta yang hadir agar konsisten menjaga dan menjadikan sholat sebagai kebutuhan bukan beban.

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin