Selasa, 09 Mei 2017 - 08:08:22 WIB
SEMINAR ROHANI KATOLIK: Menjadi Insan Kristiani Berwawasan Ekologis Untuk Indonesia Bersatu
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 215 kali

Sebagai lembaga pengelola kehidupan beragama di lingkungan Universitas Negeri Malang, LP3 melalui Pusat Pengembangan Kehidupan Beragama (P2KB ) menggelar seminar rohani Katolik dengan tema "Menjadi Insan Kristiani Berwawasan Ekologis Untuk Indonesia Bersatu" pada 6 Mei 2017.

Kepala P2KB Dr. Yusuf Hanafi , S.Ag, M.Fil.I dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar rohani katolik yang diselenggarakan ini adalah wujud dari komitmen P2KB LP3 dalam merajut kehidupan beragama yang toleran dan harmonis di Universitas Negeri Malang.

Menghadirkan 2 (dua) pembicara dengan latar balakang penggiat ekologi yakni  Rm. Agustinus Lie, CDD., Lic., Th dan Maria Christina Kesumajaya Tanamal, Seminar kerohanian ini disambut cukup antusias oleh umat Katolik UM, tercatat sekitar 150 peserta hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di Aula LP3 ini.

Dalam ceramahnya Rm. Agustinus Lie, CDD., Lic., Th untuk kembali menyadari jejak-jejak kehadiran Tuhan di alam semesta ini. Dengan demikian sudah sepatutnya umat Katolik senantiasa memuji  Tuhan yang telah mengkaruniakan seluruh alam semesta bagi kelangsungan hidup manusia. Berbicara tentang alam semesta sebagai bukti kehadiran tuhan, kedamaian batiniah manusia sangat berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan kesejahteraan umum, karena apabila dihayati secara otentik, damai itu mengejawantah dalam gaya hidup yang seimbang.

Lebih dari itu, Ibu Maria Christina Kesumajaya Tanamal dalam ceramahnya banyak menceritakan kisah-kisah empirik tentang perjalanan religiusnya. Sekaligus mengajak  kepada seluruh yang hadir agar bersyukur atas nikmat Tuhan yang telah diberikan, berdoa bukan hanya pada saat membutuhkan pertolongan, namun juga pada saat suka cita, karena sejatinya berdoa adalah berkomunikasi dengan Tuhan.

Turut hadir jajaran pimpinan LP3 Universitas Negeri Malang antara lain:  Ketua LP3 Dr. Sulton M.Pd,  Kepala P2KB Dr. Yusuf Hanafi , S.Ag, M.Fil.I, Kepala P2BKM Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd, Kepala P4G Dr. Makbul Muksar, M.Pd, Kepala P4L Dr. Endang Sri Andayani, S.Si.

 

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin