Jumat, 26 Mei 2017 - 08:39:45 WIB
Rapat Kerja: Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum dalam rangka UM Menuju sebagai Pusat Inovasi Pembelajaran
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 196 kali

UM bekerjasama dengan Islamic Development Bank (IDB) menyelenggarakan program pengembangan kurikulum untuk 57 Prodi S1 yang ada di Universitas Negeri Malang. Kegiatan yang didanai penuh oleh IDB ini ditargetkan selesai dan menghasilkan output  pembaharuan kurikulum pada tahun 2018 dan bisa diterapkan di UM.

Sebagai langkah awal untuk mencapai tujuan tersebut pada 22 Mei 2017, LP3 UM sebagai pelaksana kegiatan mengundang para Wakil Dekan I dan para pakar kurikulum dari fakultas di lingkungan UM dalam acara “Rapat Kerja Analisis Kebutuhan Pengembangan Kurikulum UM”.  Acara dilaksanakan di Aula LP3 Gedung H7 Lantai 2. Rapat kerja ini dijadwalkan selama 3 (tiga) kali yaitu tanggal 22 Mei, 29 Mei, dan 5 Juni 2017.

Dalam sambutannya Ketua LP3 Dr. Sulton, M.Pd meminta dukungan fakultas dan prodi akan terealisasinya program pengembangan kurikulum ini. Beliau juga berharap agar para pakar fakultas yang diundang bisa memberikan saran dan masukan untuk program pengembangan kurikulum UM yang akan dikembangkan menjadi kurikulum plus dengan pendekatan kapabilitas dan pembelajaran life based learing (LBL).  Output yang akan dihasilkan dari kegiatan ini adalah: 1) Pedoman Pengembangan Kurikulum, 2) Pengembangan Kurikukum Tingkat Prodi.

Wakil Rektor IV menambahkan bahwa disetujuinya program pengembangan kurikulum oleh IDB dikarenakan program ini terkait dengan revitalisasi LPTK.

Hadir sebagai pemateri Prof. Dr. Waras, M.Pd dan Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd menyampaikan paparan awal tentang paradigma Belajar Berbasis Kehidupadan (BBK), Life Based Learning (LBL) dan Learning Inovation Series Curriculum Development.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi, mendengarkan saran dan masukan dari para pakar fakultas yang selanjutnya akan dijadikan sebagai bahan  dalam penyusunan pedoman pengembangan kurikulum UM.  

Selain agenda rapat kerja, masih ada serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama rentang tahun 2017 dalam rangka untuk menghasilkan output pengembangan kurikulum UM.

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Eddy Sutadji