Jumat, 02 Juni 2017 - 14:47:47 WIB
WORKSHOP PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEHIDUPAN MELALUI BLENDED LEARNIN
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 75 kali

Sebagai hasil dari rancangan program yang terintegrasi dengan upaya menjadikan Universitas Negeri Malang sebagai center of excellence di bidang pembelajaran, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3)  menyelenggarakan “Workshop Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kehidupan melalui Blended Learning”. melalui Pusat Pengembangan Sumber Belajar (P2SB), kegiatan ini dilaksanakan pada 30, 31 Mei dan 2 Juni 2017 bertempat di Aula LP3 gedung H8 lantai 2. Sebanyak  45 dosen dari 8 (delapan) fakultas di Universitas Negeri Malang turut berpartisipasi sebagai peserta workshop.

Ketua LP3, Dr. Sulton, M.Pd dalam sambutannya menekankan bahwa Workshop ini diselenggarakan untuk mendukung terlaksananya program besar Universitas Negeri Malang  pada aspek non-fisik. Dr. Sulton, M.Pd menggambarkan bahwa tahun 2017, UM mendapat kehormatan dari Islamic Development Bank (IDB) untuk melakukan program pengembangan yang mencakup 2 (dua) unsur, yaitu fisik berupa pembangunan gedung dan non fisik terkait dengan pembelajaran dan kurikulum. Dengan demikian UM dapat dijadikan sebagai Pusat Inovasi di bidang pembelajaran di Indonesia.

 Dengan demikian di tahun 2019 UM diproyeksikan untuk mengalami transformasi yang sangat mendasar sebagai dampak dari program IDB ini yakni perubahan kurikulum yang mengubah paradigma expert-centered learning dan work-based learning menuju life-based learning. jadi selain mengacu pada pendekatan pada KKNI dan  Standar Nasional (SN) Dikti, UM juga akan menggunakan pengembangan kapabilitas dan life based learning dengan pendekatan transdisipliner.

Dengan adanya perubahan kurikulum ini, mahasiswa dapat mengembangkan keinginan-keinginannya untuk melengkapi kompetensi yang dimiliki yang tidak hanya dipenuhi dari prodi tetapi juga dari  prodi atau fakultas lain. Untuk itu keterbukaan dari prodi – prodi untuk memberikan kesempatan mahasiswa prodi lain manjadi sangat penting dalam mengambil matakuliah yang diminati.

Di akhir sambutan, Dr. Sulton, M.Pd berharap penyelenggaraan workshop ini menjadi bagian dari daya dorong yang kuat dalam upaya percepatan inovasi pembelajaran di Universitas Negeri Malang.

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin