Selasa, 01 Agustus 2017 - 15:55:21 WIB
Finalisasi Panduan Kurikulum UM
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 65 kali

Upaya transformasi kurikulum besar-besaran di Universitas Negeri Malang masih menjadi topik diskusi yang sangat dinamis. Dalam menentukan istilah, misalnya, kalangan pakar di UM masih terus melakukan “brain storming” untuk menemukan istilah yang dianggap benar-benar tepat untuk merepresentasikan sosok kurikulum yang akan dikembangkan dan diimplementasikan kelak. Sejauh ini, beberapa istilah mulai muncul ke ruang-ruang diskusi tim pakar, mulai dari Kurikulum Berbasis kehidupan, Kurikulum Kapabilitas, bahkan Kurikulum Transdisipliner.

Menyikapi diskursus yang sangat hidup ini, LP3 secara proaktif menyediakan ruang diskusi untuk memfasilitasi para ahli di untuk merumuskan sosok kurikulum UM dengan menyelenggarakan kegiatan Finalisasi Panduan Kurikulum UM. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Orchid Batu ini diinisiasi sebagai wujud nyata dari upaya mencapai pembaharuan kurikulum UM, sekaligus sebagai rangkaian dari kegiatan kerjasama antara UM dengan IDB.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 26 – 28 Juli 2017 ini, tercatat sejumlah 45 pakar dari semua fakultas turut serta menyumbangkan pemikirannya, mulai dari mengkaji, mengkritisi, sampai menyumbangkan buah pikirannya terhadap draft panduan yang telah dibuat sebelumnya. Diskusi berlangsung sangat hidup, mencakup bahasan tentang landasan filosofis kurikulum UM di masa depan, serta desain dan struktur kurikulum formal dan kurikulum pembelajaran yang kelak akan dihasilkan.

Mengingat sumbangan pemikiran dari sejumlah pakar sangat signifikan untuk proses pengembangan kurikulum,  LP3 akan menindaklanjuti dengan mengoordinasi tim kecil terdiri 6 – 8 orang ahli untuk penyempurnaaan panduan kurikulum ini. Harapannya dalam waktu dekat panduan ini sudah siap disosialisasikan kepada sivitas akademika UM.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi'uddin, M.Pd, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dalam pengarahannya beliau menyampaikan bahwa kurikulum UM memang sudah saatnya mengalami perubahan besar. selain untuk merepresentasikan visi UM sebagai pusat inovasi pembelajaran, juga untuk memanfaatkan peluang dari kerjasama antara UM dengan IDB.  Ke depan, lanjut Rektor, tujuan jangka panjang dari  panduan kurikulum ini dapat digunakan untuk semua jenjang, baik S1, S2, maupun S3. Dan untuk saat ini masih akan difokuskan untuk semua Program Studi jenjang S1 sebagaimana kontrak kerja sama yang sudah disepakati antara UM dan IDB.

Senada dengan penyampaian Rektor, Ketua LP3 Dr. Sulton, M.Pd dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa akan ada 2 (dua) dokumen yang dihasilkan dari kegiatan finalisasi ini, yakni naskah akademik terkait Belajar Berbasis Kehidupan (BBK) dan Panduan Pengembangan Kurikulum yang akan disosialisasikan dan ditindaklanjuti oleh 57 Prodi jenjang S1 di lingkungan UM untuk menyusun kurikulum tersebut.

 

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin