Senin, 07 Agustus 2017 - 16:07:15 WIB
Orientasi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan Bersubsidi Tahun 2017 Universitas Negeri Malang
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 88 kali

Dinilai sukses menyelenggarakan program PPG pasca-SM3T, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UM kini didapuk sebagai salah satu penyelenggara PPG Dalam Jabatan Bersubsidi Tahun 2017 oleh Kemendikbud Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Sabagai langkah awal penyelenggaraan program tersebut, Sebanyak 51 peserta yang dinyatakan lolos seleksi dengan latar belakang guru SMK diundang untuk mengikuti kegiatan Orientasi Mahasiswa pada 4 Agustus 2017. Bertempat di Aula LP3 gedung H8 lantai 2, peserta PPG Dalam Jabatan ini juga menandatangani MoU dengan Dirjen GTK.

Sesuai dengan instruksi Presiden nomor 9 tahun 2016 tentang revitalisasi SMK, pemerintah saat ini tengah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pendidikan di SMK, dan sebagai pengejewantahan dari instruksi tersebut, Dirjen GTK melakukan program PPG Dalam Jabatan Bersubsidi. Selain sebagai salah satu upaya revitalisasi SMK, dengan program ini guru SMK diberi kesempatan untuk memperoleh sertifikat pendidik. Demikian yang disampaikan Uji Hartono, perwakilan dari Dirjen GTK dalam sambutannya.

Sejalan dengan itu, Ketua LP3 Dr. Sulton, M.Pd menyampaikan bahwa program PPG Dalam jabatan ini ditempuh selama 4 bulan meliputi kegiatan guru di sekolah diakui 16 SKS, dan 24 SKS diselesaikan dalam program PPG. Kegiatan yang akan dilaksankan selama PPG Dalam Jabatan ini antara lain: pendalaman materi terkait konten yang akan diajarkan di sekolah, workshop yang terkait dengan pengembangan perangkat pembelajaran, desain pembelajaran, dan bagaimana mengevaluasinya, PPL di sekolah, dan Ujian Tulis Nasional (UTN) berbasis online yang mensyaratkan nilai minimal 85.

Di akhir sambutanya, Dr. Sulton, M.Pd berpesan dan berharap para peserta PPG Dalam Jabatan mampu beradaptasi serta bersungguh-sungguh mengikuti program PPG Dalam Jabatan selama 4 bulan ini dan bisa lulus 100%.

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin