Kamis, 10 Agustus 2017 - 10:55:17 WIB
200 Guru Pamong Pamong KPL Mengikuti Pelatihan Pembimbingan KPL berbasis Lesson Study di LP3 UM
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 169 kali

LP3 melalui Pusat Pengembangan Praktik Pengalaman lapangan (P4L) kembali menyelenggarakan Pelatihan Pembimbingan KPL Berbasis Lesson Study bagi Guru Pamong KPL. Kegiatan yang secara periodik dilaksanakan setiap tahun di LP3.

Dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 8 – 9 Agustus 2017, kegiatan ini melibatkan 200 guru pamong KPL dari semua jenjang sekolah.

Kepala P4L, Dr. Endang Sri Andayani, M.Si melaporkan bahwa pada kegiatan ini peserta akan berlatih Lesson Study. Hal ini dilakukan mengingat tujuan KPL dan PPL PPG adalah agar calon guru mempunyai sikap terbuka, mau sharing dengan yang lain, dan terbiasa berkolaborasi, lanjut beliau. Diberitakan sebelumnya, Lesson Study juga telah dilatihkan kepada  para dosen pembimbing pada 28 – 29 Juli 2017. Sedangkan mahasiswa berlatih Lesson Study pada saat menempuh KPL I (kampus).

Tuntutan menghasilkan guru – guru yang semakin berkualitas, menjadikan LP3 terus melakukan peningkatan – peningkatan, ujar Ketua LP3 Dr. Sulton, M.Pd dalam sambutannya. Demikian juga dengan pemerintah yang juga merevitalisasi LPTK sebagai pencetak guru, diharapkan mampu melahirkan guru – guru yang siap membimbing siswa untuk hidup di masa yg akan datang.

Dr. Sulton, M.Pd berharap dengan adanya pelatihan Lesson Study ini akan ada persepsi yang sama antara guru pamong, dosen pembimbing, dan mahasiswa. Terjadi sinergi antar komponen, sehingga kegiatan KPL di sekolah yang berbasis Lesson Study bisa terlaksana dengan optimal dan maksimal.

 

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin