Rabu, 16 Agustus 2017 - 13:55:36 WIB
Workshop Implementasi Blended Learning bagi Dosen Universitas Negeri Malang
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 110 kali

Sejumlah 35 dosen UM perwakilan dari 8 fakultas mengikuti Workshop Implementasi Pembelajaran Berbasis Kehidupan melalui Blended Learning di LP3 UM. Kegiatan yang diselenggarakan oleh LP3 melalui P2SB ini dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 Agustus 2017 dan difasilitasi oleh 3 (tiga) orang narasumber yaitu Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D., Dr. H. Supriyono Koeshandayanto, M.Pd, M.A., dan Dr. Henry Praherdhiono , S.Si, M.Pd.

Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D. melaporkan bahwa kegiatan Workshop Implementasi Pembelajaran Berbasis Kehidupan melalui Blended Learning ini merupakan workshop tahap III setelah dua tahap sebelumnya sudah dilaksanakan di LP3. Pada workshop kali ini diharapkan para dosen mampu mengimplementasikan pada matakuliah masing-masing.

Wakil Rektor I Prof. Dr. H Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para dosen yang sudah hadir. Beliau juga menyampaikan pentingnya 4 kecakapan hidup yang harus dikuasai oleh peserta didik (mahasiswa);baik kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan akademik, maupun kecakapan vokasional. Dengan menguasai keempat hal tersebut mahasiswa akan memiliki kemampuan berpikiri kritis terhadap permasalah yg dihadapi, mampu menjadi  bagian dari masyarakat yang kontributif terhadap bangsa, berkarakter, bermoral, dan peduli terhadap sesama. harapannya, keempat kecakapan ini dapat diintegrasikan dengan kegiatan perkuliahan blended learning.

Selain itu, Prof. Dr. H Budi Eko Soetjipto , M.Ed., M.Si juga menekankan perlunya komitmen para dosen terhadap pengembangan ilmu pengetahuan untuk mencapai kualitas pembelajaran yg baik.

UM sebagai The Learning University harus menjadi barometer nasional  dalam berbagai macam metode dan strategi pembelajaran. Dengan demikian diharapkan produk – produk pembelajaran yang dihasilkan dapat dijadikan rujukan oleh pendidik seluruh Indonesia melalui tampilan online, pungkas beliau mengakhiri sambutannya.

 

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin