Jumat, 18 Agustus 2017 - 10:03:09 WIB
Koordinasi Persiapan Sosialisasi Arah Pengembangan Kurikulum UM
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 80 kali

LP3 Melakukan koordinasi persiapan “Sosialisasi Arah Pengembangan Kurikulum UM” bersama para Wakil Dekan I  dan Kajur/Kaprodi serta PIC Fakultas. Dilaksanakan pada 15 Agustus 2017 bertempat di Aula LP3 gedung H8 lantai 2.

Ketua LP3 Dr. Sulton, M.Pd menyampaikan bahwa koordinasi ini dimaksudkan untuk menyiapkan acara “Sosialisasi Arah Pengembangan Kurikulum UM” yang akan mengundang seluruh dosen UM sebanyak kurang lebih 1000 orang pada 16 dan 18 Agustus 2017 di Aula LP3 gedung H8 lantai 2.

Lebih lanjut Dr. Sulton, M.Pd menjelaskan bahwa LP3 mendapat kepercayaan dari UM untuk mengkoordinasi kontrak kerja sama dengan Islamic Development Bank (IDB) terkait pengembangan kurikulum UM, sedangkan program yang terkait dengan penelitian dikoordinasi oleh LP2M.

Tahun 2017, kurikulum 57 prodi ditargetkan sudah selesai, dan tahun 2018 mampu mengembangkan perangkat pembelajaran dilengkapi dengan RPS, bahan ajar, dan media. Sedangkan tahun 2019 adalah implementasi dalam perkuliahan, demikian penjelasan Dr. Sulton, M.Pd.

Kurikulum UM menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis kehidupan, dan manajemen kurikulumnya menggunakan manajemen kurikulum transdisipliner. Sebagaimana yang dijelaskan Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd selaku koordinator kegiatan, kurikulum transdisipliner memliki kekhasan di mana mahasiswa memiliki keleluasaan untuk memilih matakuliah pilihan tetapi tetap dikontrol oleh dosen PA. lebih jauh Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd menjelaskan tahapan teknis kegiatan pengembangan kurikulum dalam bentuk mapping.

Dr. Sulton, M.Pd dan Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd berharap kegiatan “Sosialisasi Arah Pengembangan Kurikulum UM” bisa sukses dan dihadiri oleh seluruh dosen UM.

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin