Senin, 21 Agustus 2017 - 15:57:26 WIB
Sosialisasi Arah Pengembangan Kurikulum UM
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 112 kali

Universitas Negeri Malang terus berupaya merealisasiakan visi lembaga untuk menjadi rujukan di bidang pembelajaran. Didukung dengan kerjasama dengan Islamic Development Bank (IDB), UM dipercaya untuk mejadi pusat inovasi pembelajaran dalam kancah pendidikan tinggi di Indonesia. Hal tersebut ditegaskan oleh Rektor, Prof. AH. Rofi’uddin, M.Pd,  dalam rangka Sosialisasi Arah Pengembangan Kurikulum UM, 16 dan 18 Agustus 2017. Kegiatan sosialisasi yang ditujukan kepada seluruh dosen ini diselenggarakan sebagai bagian dari proses pengembangan kurikulum berbasis kehidupan UM. Dalam sosialisasi ini, Rektor menekankan posisi strategis dosen sebagai pengguna kurikulum dapat meningkatkan produktifitasnya. Karena keberhasilan pendidikan ditentukan oleh selain 15% kurikulumnya, 85% adalah pengguna kurikulumnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, UM bersama 3 Perguruan Tinggi Negeri lainnya (UNEJ, UNTIRTA, dan UNMUL),  mendapat support berupa dana hibah dari IDB, baik dalam hard program maupun soft program berupa pengembangan kurikulum berserta keunggulannya di masing – masing LPTK. Di UM, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UM dipercaya untuk ambil bagian dalam proses pengembangan kurikulum yang telah disepakati dalam kotrak kerjasama dengan IDB.

Ketua Program Pengembangan Arah Kurikulum UM Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd menyampaikan bahwa kurikulum yang disiapkan saat ini adalah bagian dari upaya UM dalam menjaga kompatibilitas kurikulum dan lingkungan belajar universitas dengan konteks peserta didik masa kini dan masa depan

Dalam kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan di Aula LP3 tersebut, turut hadir Prof. Dr. Waras, M.Pd, Prof. Djoko Saryono, M.Pd, sebagai tim pakar sekaligus narasumber tentang Konsep dan Landasan Pengembangan dan Desain Kurikulum UM.

Bahan tayangan dapat di unduh di sini:

1. NASKAH AKADEMIK BBK

2. PARADIGMA BBK 2

3. PARADIGMA LIFE BASED LEARNING

 

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin