Kamis, 31 Agustus 2017 - 16:06:11 WIB
Rapat Kerja Penyusunan Profil Lulusan dan SCPL
Diposting oleh : Umi Mazidah
Kategori: Internal - Dibaca: 137 kali

UM sebagai pusat inovasi belajar benar – benar harus bersiap diri untuk menjadi rujukan bagi Perguruan Tinggi lainnya dalam bidang pengembangan pendidikan. Dan salah satu hal yang harus disiapkan adalah penyusunan profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan tiap prodi yang membutuhkan komitmen para dosen prodi dalam mewujudkannya. Hal ini disampaikan oleh Wakil Rektor I UM Prof. Dr. H Budi Eko Soetjipto , M.Ed., M.Si., dalam Raker Penyusunan Profil Lulusan dan SCPL, 28 Agustus 2017. Beliau juga mendorong agar proses mewujudkan kurikulum baru UM yang tidak hanya berbasis kompetensi namun juga berbasis kapabilitas, dengan pendekatan berbasis kehidupan yang tetap memakai standar KKNI dan SNI Dikti.

Raker Penyusunan Profil Lulusan dan SCPL  ini diselenggarakan dalam koordinasi LP3, dan melibatkan 58 prodi S1. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula LP3 Gedung H8 lantai 2 ini merupakan rangkaian dari kegiatan pengembangan kurikulum UM kerja sama UM dengan IDB. Dihadiri lebih kurang 250 orang dosen, hadir pula Wakil Rektor IV, para Wakil dekan I Fakultas, koordinator fakultas, Tim PIU IDB, dan Tim Curdev.

Prof. Waras Kamdi, M.Pd., dalam paparan materinya menekankan bahwa kita ingin membangun paradigma baru di dalam proses pendidikan di UM dengan tujuan membangun kapabilitas pendidikan, orientasi pendidika kita sedikit naik tangga, dengan orientasi baru yang tidak sekedar berorientasi pada pengembangan kompetensi tetapi kapabilitas (kapabiltas masa depan) yang dijadikan jargon UM dalam membangun UM sbg pusat inovasi belajar.       

Selain Prof. Waras, M.Pd turut sebagai narasumber Dr. Ibrohim, M.Si dan Dr. Sulton, M.Pd.

 

Penulis: Umi Mazidah

Editor: Nabil Muttaqin

Bahan tayangan dapat di unduh disini:

1. REKONSTRUKSI KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI