Universitas Negeri Malang (UM) yang diwakili oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) UM bekerjasama dengan Institut Teknologi Kalimantan untuk mengadakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bagi dosen baru di Institut Teknologi Kalimantan (ITK).

Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari (penyampaian materi) yakni tanggal 15 – 19 Januari 2021 dan 2 bulan (praktik mengajar di kelas), kegiatan dilaksanakan secara Daring karena masih dalam suasana pandemi dengan jumlah peserta 51 dosen muda Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Pelatihan dibuka oleh Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D, Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang (UM).

“PEKERTI ini penting sebagai dasar dan pemahaman wawasan agar Bapak atau Ibu sebagai dosen muda punya wawasan yang baik tentang bagaimana mengajar di perguruan tinggi atau bagaimana mengimplementasikan kurikulum yang telah ditetapkan untuk membentuk mahasiswa sesuai dengan profil kelulusan mahasiswa yang kita harapkan”, tegas Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D saat membuka pelatihan tersebut.

Menurut Nurul Widiastuti, S.Si., M.Si., Ph.D, Wakil Rektor I Institut Teknologi Kalimantan, pelatihan bertujuan agar dosen pengampu mata kuliah menghasilkan pembelajaran yang inovatif dan berkualitas dalam upaya untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Semoga melalui pelatihan ini peserta mendapat banyak inspirasi dari narasumber sehingga tujuan kita dapat terlaksana dengan baik. (Jeanny)