MENJAGA KESEHATAN MENTAL DENGAN SELF LOVE

Kesehatan mental menjadi isu yang sangat penting untuk dibahas karena mencakup berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental. Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri. Individu yang memiliki mental yang sehat akan mampu menerima dirinya, memahami dirinya dan mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya dalam situasi apa pun.

Kesehatan mental merupakan kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar. Sehingga individu yang bermental sehat dapat menggunakan kemampuan atau potensi dirinya secara maksimal dalam menghadapi tantangan hidup, serta menjalin hubungan positif dengan orang lain.

Salah satu hal yang dapat dilakukan sebagai upaya menjaga kesehatan mental yakni dengan cara mencintai diri atau self love. Self love merupakan cara individu untuk menghargai dan mencintai dirinya secara utuh sehingga dapat mengembangkan diri secara optimal. Saat self-love diterapkan, individu akan merasa lebih mudah untuk berpikir positif, termasuk saat marah, kecewa, atau sedih, karena hal tersebut adalah bentuk dari penerimaan diri tetapi mampu mengelola dan mengendalikan dirinya sesuai dengan kondisi yang ada. Individu akan lebih wajar dan objektif dalam menilai dirinya dan mampu memberikan penghargaan pada dirinya.

Adapun cara untuk meningkatkan self love antara lain: 1) lebih mengenali diri, 2) tidak membandingkan diri kita dengan orang lain, 3) memahami bahwa setiap manusia itu “unik” dan memiliki potensi yang bisa dikembangkan, 4) mampu mengambil keputusan dengan percaya diri, 5) mengenali ketakutan dan mengelolanya, 6) menjaga kesehatan tubuh dan mengelola gaya hidup positif, dan 7) memilih lingkaran pertemanan yang positif.
(Widya)