4 LANGKAH MEMBANGUN KARIER MULAI NOL

“Sebentar lagi, kita akan dipertemukan dengan pertemuan tatap muka. Pastinya kita akan bertemu orang-orang dari berbagai penjuru, bisa jadi dari sabang sampai merauke. Individu yang kita temui ini pasti beragam dan memiliki keunikan masing-masing sesuai dengan ras atau suku bangsanya. Apakah kita perlu merasa takut? Takut jika tidak bisa memahami bahasanya, takut jika berbeda karakternya, atau ketakutan-ketakutan lain yang mungkin dialami.
Saudara tidak perlu takut atau khawatir, hadapi apa yang ada di hadapan saudara. Tapi bagaimana caranya? Perhatikan tips-tips di bawah ini yaa…”

Sadarilah bahwa persatuan merupakan sesuatu yang penting. Tidak dapat dipungkiri bahwa negara kita ini terdiri dari beragam suku bangsa dan ras dan pastinya kita akan selalu berdampingan dengan kondisi tersebut. Sebelum jauh mempelajari keberagaman suku bangsa dan ras, yang terdekat adalah adanya perbedaan adat istiadat dan keyakinan yang ada di sekitar kita.

Mungkin kita berada atau tinggal di daerah yang berbeda keyakinannya dengan kita atau mungkin memiliki nilai yang berbeda dengan kita, sehingga kita perlu untuk memahami dengan baik perbedaan tersebut. Kenapa? Memahami perbedaan yang timbul antara diri kita dengan orang lain akan membantu kita dalam meminimalisir kesalahpahaman yang dapat muncul. Dengan demikian, berusahalah untuk memahami perbedaan nilai, karakter, keyakinan yang muncul di sekitar kita.

Kembangkan toleransi terhadap orang lain. Masih ingatkah apakah yang dimaksud dengan toleransi? Toleransi merupakan sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada antara diri sendiri dan orang lain. Sikap ini perlu selalu kita tanamkan dan kembangkan dalam diri kita. Apa tujuannya ? Untuk mencapai persatuan tersebut. Oleh karena itu, mari kita biasakan bersikap toleransi terhadap perbedaan yang muncul di antara kita.

Hindari bersikap diskripminatif. Ingat ya dan pahami bahwa kita hidup di tengah masyarakat dengan berbagai keragaman. Keragaman ini akan mengajarkan dan membuat kita belajar banyak hal, termasuk menghargai dan menghormati. Oleh karena itu, hindari sikap diskriminasi di tengah-tengah keberagaman.

Jadilah agent of change untuk menghargai perbedaan. Belajar tanpa melaksanakan yang dipelajari akan menjadi kesia-siaan. Oleh karena itu, mulailah dari diri sendiri menjadi agen perubahan dalam menghargai perbedaan suku bangsa dan ras di tempat saudara belajar. Jadilah contoh bagi orang lain dalam menghargai perbedaan. (Indri)