MENUNDA TUGAS? TIDAK LAGI!!!

“Jika di antara kalian masih ada yang suka menunda mengerjakan tugas, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kalian terapkan untuk mengurangi kebiasaan itu. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini yaa…”

1. Pelajari kembali bagaimana sikapmu ketika diberi tugas

Coba kalian tanyakan pada diri sendiri bagimana sikapmu ketika diberikan tugas, apakah bergegas ingin menyelesaikan atau justru merasa terbebani? Telusuri sikap kalian ini dengan jujur yaa. Ingat bahwa tugas yang diberikan ke kalian merupakan tanggungjawab akademik yang perlu diselesaikan untuk menguji pemahaman terhadap materi tertentu.

2. Selaraskan diri sendiri dengan tugas yang diperoleh

Pada langkah ini, kalian perlu untuk membagi tugas tersebut ke dalam bagian-bagian yang dikelola dengan baik. Misalkan ada tugas yang penting dan mendesak, penting dan tidak mendesak, tidak penting dan mendesak, serta tidak penting dan tidak mendesak. Nah, kategorikan tugas yang hendak diselesaikan ke dalam empat katergori tersebut untuk memudahkan kalian dalam menyelesaikan dan menghindari menunda menyelesaikan.

3. Penting untuk menghindari perasaan bahwa tugas adalah beban

Buang perasaan bahwa tugas adalah beban, seperti yang sudah dijelaskan pada langkah kedua, bagi tugas ke dalam bagian-bagian agar kalian tahu mana yang harus diprioritaskan.

4. Hindari bersikap perfeksionis

Ini sebenarnya menjadi masalah utama bagi mereka yang suka menunda-nunda tugas yaitu sikap perfeksionis. Sikap ini membuat individu tidak berdaya dan enggan bertindak. Kerjakan tugas semampu kalian, kemudian mintalah umpan balik dari teman sebaya atau dosen, dan sesuaikan dengan umpan balik tersebut untuk memperbaiki.
Inilah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk menghindari menunda-nunda menyelesaikan tugas akademik di kampus. Selamat mencoba. (Indri)