Preaload Image

LAYANAN PUSAT PENGEMBANGAN BIMBINGAN KONSELING  KARIER   DAN  KOMPETENSI AKADEMIK (P2BK3A)

Pusat Pengembangan  Bimbingan Konseling Karier   dan  Kompetensi Akademik (P2BK3A), merupakan salah satu Pusat di Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3), dulu dengan nama Pusat Pengembangan Bimbingan dan Konseling Mahasiswa (P2BKM). P2BK3A  berperan memberi pelayanan kepada mahasiswa sebagai upaya  memfasilitasi berkembangannya secara  optimal, pada aspek karier, akdemik dan kehidupan pribadi- sosial.

P2BK3A  memberi pelayanan bimbingan dan konseling kepada mahasiswa dalam kegiatan:

  1. Pengembangan di bidang karier, di antaranya Pelatihan Hard Skills Persiapan Memasuki Dunia Kerja, Pelatihan Softskills  Memasuki Dunia Kerja,  Carees Days, Job Fair, Informasi Kerja.
  2. Pengembangan di bidang akademik, di antaranya Pelatihan Sukses Belajar di Perguruan Tinggi, Pelatihan Berpikir Kritis dan Kreatif, Pelatihan Sukses Menulis Skripsi. Manajemen Diri dalam Belajar.
  3. Pengembangan di Bidang Pribadi-sosial, di antaranya Pelatihan Manajemen Stress, Pelatihan Keterampilan dalam Komunikasi, Pelatihan Asertif, Pelatihan Kompetensi Multikultural, Pelatihan Konselor Sebaya.
  4. Tes psikologi sebagai upaya untuk memahami potensi diri dalam perencanaan karier.
  5. Konseling sebagai upaya memahami dan mencari solusi atas masalah yang dihadapi mahasiswa, baik masalah dalam perencanaan karier, akademik maupun masalah pribadi-sosial.

Pelayanan bimbingan dan konseling diberikan oleh para Dosen Konselor, dari Jurusan Bimbingan dan Konseling dan Fakultas Psikologi. Mereka berlatar pendidikan  di bidang bimbingan dan konselng serta di bidang psikologi.

Aktivitas bimbingan dan konseling juga didukung oleh para Konselor Sebaya yang tergabung di dalam wadah Peer Counseling Corner (PCC). Konselor sebaya merupakan mahasiswa yang mempunyai kepedulian dalam membantu  sesama mahasiswa dalam proses perkembangannya.

Skip to toolbar