LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN - UM
(LP3 -UM)

Pada saat didirikan tahun 1979 LP3 bernama Learning Resources Centre yang dikenal dengan LRC yang berfungsi untuk mendukung IKIP Malang dalam menjalankan mandatnya sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Layanan yang diberikan oleh LRC saat itu difokuskan pada penyediaan media, fasilitas, dan tempat untuk kegiatan perkuliahan matakuliah kependidikan dan pembelajaran. Nama LRC kemudian diubah menjadi Pusat Sumber Belajar yang tugas pokok dan fungsinya sama dengan LRC hingga tahun 1999. Pada tahun 1999, IKIP Malang mendapatkan perluasan mandat melalui keputusan Presiden Nomor 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999 dan berubah menjadi Universitas Negeri Malang (UM). Sejalan dengan perluasan mandate ini, sistem tatakelola dan organisasi UM mengalami penataulangan di semua unitnya, dari unit terkecil sampai unit besar, dari unit administrasi sampai unit pelaksana akademik. Salah satu wujud dari perubahan dan komitmen terhadap pendidikan, UM mendirikan sebuah lembaga yang mengurusi bidang pendidikan dan pembelajaran. Lembaga yang di maksud adalah Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3). Lembaga ini melengkapi dua lembaga yang sudah ada sebelumnya, yaitu Lembaga Penelitian (Lemlit) dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM). Keberadaan tiga lembaga di UM tersebut mencerminkan Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Keberadaan LP3 UM di kukuhkan melalui: (a) SK Rektor IKIP MALANG No. 0103/KEP/PT.28.H/O/99, tanggal 22 Maret 1999 tentang Pembentukan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran, (b) SK Rektor IKIP MALANG No. 0102/KEP/PT.28.H/O/99, tanggal 19 Maret 1999 tentang Pedoman Penyelenggaraan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran. Kemudian kedudukan itu makin diperkuat dengan di cantumkannya LP3 di dalam statuta dan OTK Universitas Negeri Malang (kepmendiknas Nomor: 270/O/1999, 14 Oktober 1999). Menurut Pasal 38 Statuta dan OTK UM, LP3 merupakan unsur pelaksana akademik dalam bidang pendidikan dan pembelajaran yang berfungsi mengembangkan kemampuan profesi dosen dalam proses belajar mengajar, mengembangkan kurikulum program studi, mengevaluasi hasil pengembangan profesi dosen dan kurikulum, dan mengembangkan media pembelajaran. Ketetapan fungsi institusional LP3 ini berlangsung hingga tahun 2012.

Pada tahun 2012, organisasi dan tata kerja (OTK) UM mengalami perubahan untuk disesuaikan dengan status UM sebagai Badan Layanan Umum. Perubahan OTK ini ditetapkan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 30 tahun 2012. Sejalan dengan perubahan OTK ini UM juga melakukan penataan ulang terhadap fungsi semua unit kerja, termasuk LP3. Dalam OTK baru ini, fungsi LP3 diperluas dari dua menjadi sembilan yang meliputi:
1. pelaksanaan pengembangan kurikulum, pembelajaran, dan penilaian;
2. pelaksanaan pengembangan sumber belajar;
3. pelaksanaan matakuliah universiter;
4. pelaksanaan pengembangan program pengalaman lapangan;
5. pelaksanaan pengembangan kehidupan beragama;
6. pelaksanaan pengembangan bimbingan dan konseling mahasiswa; dan
7. pelaksanaan pengembangan pendidikan profesi guru;