Menulis skripsi atau tugas akhir merupakan suatu seni, tidak sekedar melakukan penelitian kemudian menuliskannya dalam bentuk karya ilmiah. Dalam proses penyelesaiannya penuh dengan dinamika yang seringkali tidak bisa diprediksikan terlebih dahulu. Di sinilah diperlukan kiat-kiat  khusus dan juga kreativitas baik terkait dengan substansi materi yang diteliti maupun dalam berinteraksi dengan dosen pembimbing skripsi.

Demikian ditegaskan oleh Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D, Ketua LP3 (Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran) Universitas Negeri Malang (UM), saat membuka Pelatihan Sukses Menulis Skripsi bagi mahasiswa UM, Kamis (25 Februari 2021).

Ditegaskan  Ketua LP3 UM Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D, dalam proses menulis skripsi, mahasiswa didampingi oleh dosen pembimbing. Dosen pembimbing mempunyai karakteristik yang sangat khas dan bervariasi. Menurut para mahasiswa ada dosen pembimbing yang cepat memberi respon, baik hati, selalu memberi petunjuk bahkan memberikan sumber-sumber yang diperlukan. Namun ada juga yang sulit ditemui, sudah ditunggu-tunggu ternyata tidak berkenan memberi bimbingan, atau hanya mencoret-coret tanpa ada petunjuk yang jelas.

“Di sinilah perlunya adanya kiat dan seni yang khas, seni dalam berkomunikasi, bernegosiasi juga beradaptasi, sehingga mendukung dalam penyelesaian skripsi. Dalam komunikasi dengan dosen pembimbing, perhatikan etika. Bisa jadi tulisan sudah baik namun cara komunikasi kurang tepat maka bisa jadi akan mendapat respon yang tidak diharapkan,” tambah Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D.

Pelatihan Sukses Menulis Skripsi  ini  diselenggarakan P2BK3A (Pusat Pengembangan Bimbingan Konseling Karier dan Kompetensi Akademik) LP3 UM. Pelatihan diikuti para mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkungan Universitas Negeri Malang.

Menurut Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd, Kepala P2BK3A LP3 UM, Pelatihan Sukses Menulis Skripsi ini diselenggarakan untuk memfasilitasi mahasiswa agar memiliki wawasan dan keterampilan yang mendukung penyelesaian skripsi. Dengan demikian diharap mahasiswa bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu.

Dalam pelatihan tersebut, sejumlah materi disampaikan oleh para narasumber yang mempunyai keahlian di bidangnya. Dr. Juharianto, M.Pd  Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan UM yang publikasi ilmiahnya sudah demikian banyak baik di jurnal nasional maupun internasional, mengajak peserta belajar cara mencari sumber rujukan dan cara pengutipan. 

Bagaimana cara membaca referensi dan menulis karya ilmiah sesuai dengan tatabahasa Bahasa Indonesia, disampaikan Dewi Ariani M.Pd, Dosen  Jurusan Sastra Indonesia UM. Selanjutnya kiat-kiat berhasil dalam menulis skripsi, dipandu  oleh Ani Wilujeng, Ph.D Dosen Jurusan Akuntasi Fakultas Ekonomi UM yang karya publikasinya juga sangat luar biasa. 

Aspek psikologis dalam penyelesaian skripsi juga merupakan faktor yang penting diperhatikan. Para narasumber dari Fakultas Psikologi UM menyampaikan materi yang terkait dengan aspek psikologis dalam menyelesaikan skripsi. Bagaimana berinteraksi secara efektif dengan dosen pembimbing, disampaikan oleh Dwi Nikmah, S.Psi, M.Psi, serta manajemen diri dalam menulis skripsi dibahas tuntas Aji Bagus Priyambodo, S.Psi, M.Psi.

Pelatihan dilaksanakan secara daring sinkron dan asinkron. Daring sinkron dilaksanakan tanggal 22 – 24 Februari 2021 melalui SIPEJAR ( Sistem Pengelolaan Pembelajaran)  UM. Peserta mempelajari secara mandiri materi yang telah disiapkan serta mengerjakan Latihan-latihan yang telah disiapkan. Berikutnya aktivitas sinkron melalui zoom meeting dilaksanakan tanggal 25 – 26 Februari 2021. Para peserta bertemu secara tatap maya dengan para narasumber untuk mendiskusikan dan membahas materi yang telah dipelajari. (MZ)

Sumber: Merdeka News