MERANCANG KARIER DI TENGAH PANDEMI

“SUKSES menggenggam karier yang bagus, merupakan dambaan hampir setiap orang. Lebih lagi bagi sarjana yang baru saja lulus, atau mahasiswa di semester akhir, rata-rata mereka benar-benar mendambakan kelak akan memiliki karier yang cemerlang.
Agar bisa memperoleh karier yang bagus atau cemerlang, maka sejak awal seseorang perlu “merancang” karier yang akan dijalani. Karena memang karier yang bagus perlu dirancang lebih dulu, agar jalan untuk menuju ke jenjang karier yang diimpikan bisa berjalan mulus atau lancar.
Jika dalam kondisi normal, maka merancang karier yang ideal bukanlah sesuatu yang sulit. Namun bagaimana jika merancang karier di tengah-tengah pandemi covid-19 ? Kondisi itulah yang akan dibahas dalam artikel pendek ini. Sebab memang tidak mudah merancang karier yang ideal, di tengah-tengah pandemi seperti sekarang ini.
Bagi Anda para sarjana yang baru lulus di masa pandemi seperti sekarang ini, ada beberapa pilihan. Anda bisa menunggu hingga pandemi mereda baru merancang karier, atau Anda tetap merancang karier meski di tengah-tengah pandemi. Naskah ini lebih banyak menyodorkan pilihan bahwa Anda sebaiknya tetap merancang karier meski di tengah situasi pandemi.”

Branding

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan, agar bisa mulai merancang karier di masa pandemi covid-19. Di antaranya yakni Anda perlu memiliki “branding” yang kuat. Anda perlu memupuk “citra diri” yang bagus dan berkualitas, karena hal ini akan menjadi daya tarik pihak lembaga atau instansi atau perusahaan terhadap Anda.

Mengapa “branding” atau citra diri ini sangat penting bagi mereka yang ingin berkarier di masa pandemi ? Hal ini karena proses rekrutmen pegawai atau karyawan di masa pandemi, bisa jadi berbeda dengan kondisi biasa. Jika kondisi biasa seringkali proses rekrutmen pegawai dilakukan secara langsung, misalnya wawancara calon pegawai dilakukan dengan tatap muka secara langsung, maka di masa pandemi kondisinya akan lain.

Proses rekrutment pegawai bisa jadi tidak ada tatap muka langsung, sehingga “branding” atau citra diri seseorang menjadi sangat menentukan. Bisa saja pihak HRD suatu perusahaan hanya melihat CV beberapa pelamar, dan yang memang sudah punya “citra diri” bagus langsung direkrut sebagai karyawan. Bagaimana cara meningkatkan “branding” atau citra diri ? Bisa dilakukan dengan penayangan sejumlah karya Anda lewat Youtube, Instagram, Twitter, facebook dan sejumlah medsos lain.

Selain branding atau citra diri, hal yang perlu diperhatikan saat merancang karier di masa pandemi yakni tentang pembentukan jaringan atau networking. Buat jaringan kerjasama dengan warga dari segala elemen, agar pergaulan semakin luas. Dalam membentuk jaringan tersebut, bisa dilakukan dengan memperbanyak komunitas dan memanfaatkan medsos. Dalam kaitan inilah fungsi medsos bisa berubah menjadi sangat positif dan bermanfaat.

Di saat pandemi sekarang ini, ada kemungkinan wawancara kerja atau job interview yang biasanya dilakukan secara langsung oleh pihak HRD terhadap calon pegawai, dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau secara online. Karena itu saat Anda dalam proses melamar kerja di masa pandemi, maka Anda juga harus siap jika sewaktu-waktu diminta wawancara kerja lewat online. Untuk melatih wawancara kerja lewat online ini, Anda bisa duduk di depan laptop dan menerangkan siapa Anda dan apa kelebihan Anda, bagaikan Anda berhadapan dengan pewawancara secara langsung.

Saat Anda ingin berkarier di sebuah perusahaan atau industri tertentu misalnya, maka sebaiknya Anda perhatikan rekam jejak perusahaan atau industri tersebut di masa pandemi. Hal ini sangat penting karena sejak adanya pandemi covid-19 kondisi perusahaan atau industri banyak yang bergeser secara drastis. Ada beberapa perusahaan yang justru maju dengan adanya pandemi, namun kebanyakan hadirnya pandemi justru membuat sejumlah perusahaan atau industri yang semula lancar dan memiliki prospek bagus, tiba-tiba jadi terancam gulung tikar.

Karena itulah jika Anda memang ingin berkarir di sebuah perusahaan, maka pastikan bahwa perusahaan tersebut tetap sehat meski dihadang permasalahan pandemi. Jika memungkinkan carilah perusahaan yang bisa eksis, dan justru berkembang pesat di saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Sejumlah perusahaan yang justru omsetnya naik dan kinerjanya bagus di masa-masa pandemi, di antaranya adalah perusahaan yang berkaitan dengan IT serta yang terkait dengan game model terbaru. Perusahaan yang memproduksi game seperti Sony di Jepang misalnya, omsetnya justru melonjak drastis saat pandemi karena produk game sangat laris. Saat pandemi banyak orang di rumah, tidak beraktifitas di luar rumah, justru produk game sangat laris karena untuk hiburan banyak warga yang main game. Semoga artikel pendek ini bermanfaat dan sukses untuk Anda.