Pusat Pengembangan Inovasi dan Sumber Belajar (P2ISB) LP3 Universitas Negeri Malang menyelenggarakan Pelatihan Massive Open Online Course (MOOC) yang dilaksanakan pada hari Senin sampai Selasa tanggal 3 – 4 Mei 2021 lalu dilanjutkan lagi pada tanggal 24 – 25 Mei 2021. Pelatihan dimulai pukul 09.00 – 11.00 WIB dan dilaksanakan secara daring melalui zoom.

Pelatihan MOOC dibuka oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3), Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka pengembangan inovasi belajar kita menyepakati mengembangkan pembelajaran berbasis teknologi. Universitas Negeri Malang telah menyediakan Learning Management System, yang pertama adalah Sipejar, Mooc, Umoocs, dan Rumah Inovasi.

“MOOC itu sebenarnya kita fokuskan kepada course/kursus di luar reguler, kita ingin kembangkan di Universitas Negeri Malang, kita isi sedikit demi sedikit, kita perbaiki sistemnya, melengkapi kontennya, sehingga karya Bapak Ibu dosen bisa dinikmati mahasiswa, alumni, dan masyarakat pada umumnya. Semoga dari pelatihan ini dapat menghasilkan produk-produk tertentu sehingga MOOC, Umoocs, Rumah Inovasi kita semakin kaya dengan konten, sehingga jika ada orang luar mencari inovasi tentang pembelajaran mereka akan melihat situs-situs yang kita sajikan”, tambah Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D.

Pelatihan MOOC tahun ini mendatangkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Ibu Saida Ulfa, S.T., M.Ed., Ph.D yang juga sebagai dosen TEP Universitas Negeri Malang dan dimoderatori oleh Kepala P2ISB Ibu Dra. Surjani Wonorahardjo, Ph.D. Pelatihan diikuti oleh 85 dosen UM dan beberapa mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Malang.