MEMBANGUN POLA PIKIR BERWIRAUSAHA

“Sekarang ini pemerintah sedang gencar-gencarnya mendorong generasi muda untuk memperoleh kemandirian finansial, salah satunya melalui wirausaha. Adakah di antara kalian yang sudah memulai untuk berwirausaha? Jika sudah ada, selamat dan sukses untuk wirausahanya. Sedangkan, bagi yang belum, mari kita bangun dulu pola pikir wirausaha dalam diri kita sebagai bekal bagi kita jika ingin berwirausaha.”

1. Seorang wirausahawan itu dikenal sebagai pribadi yang berani ambil resiko

Sudah beranikah untuk ambil resiko? Bisnis itu penuh ketidakpastian, kadang harus mengalami kerugian yang disebabkan oleh kondisi tertentu. Nah, sudah siapkah dengan kondisi ini? Ketika kita berani ambil resiko, berarti kita juga sudah siap untuk meminimalkan resiko yang muncul ketika dihadapkan situasi yang tidak menguntungkan, seperti kerugian. Oleh karena itu, bekal untuk situasi ini adalah perlunya mempelajari pola dalam berbisnis.

2. Peluang jangan dilewatkan.

Lihatlah di sekitar kalian atau saat ini yang sedang marak di masyarakat itu usaha seperti apa. Memang dalam bisnis pasti akan mengalami keusangan suatu saat nanti, oleh karena itu inovasi dalam bisnis perlu dilakukan dengan cara melihat peluang baru yang berkembang.

3. Kesediaan untuk belajar terus menerus.

Individu yang berwirausaha itu juga harus belajar, bukan hanya bagi mereka yang menempuh pendidikan saja. Belajar di sini untuk memperbarui ilmu yang dimiliki agar tidak tertinggal oleh orang lain.

4. Orientasi dari wirausaha itu adalah aksi bisnis.

Seorang wirausaha itu tidak cukup hanya sampai pada ide untuk membuat wirausaha, namun beraksi atau bertindak untuk membangun wirausaha.

5. Bangun komitmen untuk berwirausaha.

Komitmen ini dibutuhkan dan penting sekali bagi seorang wirausahawan. Mengingat setiap usaha pasti akan dihadapkan pada situasi yang tidak menguntungkan, nah seorang wirausaha harus pandai-pandai dan bersungguh-sungguh untuk mempertahankan keberadaan usahanya dalam situasi apapun.
Demikian beberapa tips yang bisa kalian lakukan jika ingin menjadi seorang wirausaha. Selamat bejuang para wirausaha muda. Don’t give up!!! (Indri)