Pramuat Gambar

Pusat Pengembangan Bimbingan Konseling Karier Dan Kompetensi Akademik

P2BK3A adalah salah satu pusat di Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) yang  berperan sebagai institutional supporting system, yang berfungsi  memberi layanan bimbingan dan konseling bagi civitas akademika Universitas Negeri Malang. Tujuan utama P2BK3A  memberikan pelayanan bimbingan dan konseling (BK), sebagai upaya  memfasilitasi perkembangan individu secara optimal, baik pada aspek perkembangan karier, akademik maupun kehidupan pribadi. Di samping itu,  P2BK3A juga mengembangkan model, media maupun instrumen yang dapat mendukung proses layanan bimbingan  konseling  di bidang karir, akademik maupun pribadi sosial yang prima dan unggul. Sasaran P2BK3A  adalah mahasiswa maupun civitas akademik yang memiliki problema terkait dengan perkuliahan, pengembangan potensi diri, pengembangan karier dan persiapan menyongsong dunia kerja. Layanan bimbingan konseling karier dan kompetensi akademik dilakukan oleh dosen konselor dan psikolog yang tergabung dalam P2BK3A dan Dosen Penasehat Akademik yang disiapkan oleh masing-masing prodi untuk masing-masing mahasiswa. Selain itu, P2BK3A  juga menyediakan layanan bimbingan konseling melalui perbantuan teman sebaya (peer counseling) yang tergabung dalam wadah Peer Counseling Corner (PCC), yang merupakan salah satu organ layanan konseling dari P2BK3A. 

Galeri foto kegiatan

Pelatihan Konselor Sebaya dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 26-27 Februari 2020 pukul 07.00 s.d. 15.30 WIB di gedung H8 lantai 2 UM dengan peserta dari mahasiswa konselor sebaya.

Pelatihan SIPEJAR (Sistem Pengelolaan Pembelajaran) Bagi Mahasiswa Disabilitas dan Volunteer GEMPITA (Gerakan Mahasiswa Peduli Inklusi dan Disabilitas) dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Februari 2021 secara daring.

Pelatihan Konselor Sebaya Bagi Mahasiswa UM dilaksanakan pada 17-18 Februari 2021 secara sinkron melalui Zoom Meeting.

Pelatihan Sukses Menulis Skripsi bagi Mahasiswa UM dilaksanakan secara Daring sinkron pada tanggal 22 – 24 Februari 2021 melalui SIPEJAR ( Sistem Pengelolaan Pembelajaran) UM. Peserta mempelajari secara mandiri materi yang telah disiapkan serta mengerjakan Latihan-latihan yang telah disiapkan. Berikutnya aktivitas sinkron melalui zoom meeting dilaksanakan tanggal 25 – 26 Februari 2021. Para peserta bertemu secara tatap maya dengan para narasumber untuk mendiskusikan dan membahas materi yang telah dipelajari.

 

id_IDID