BAGI KAMU YANG INGIN MENGELOLA KEUANGAN DENGAN BAIK, ADA BEBERAPA TIPS YANG BISA KAMU LAKUKAN NIH…

“Masalah pengelolaan keuangan itu sudah menjadi rahasia umum bagi siapapun, terutama bagi mereka yang hidup di tempat perantauan. Biar kita tidak menjadi pribadi yang besar pasak dari pada tiang, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan. Simak penjelasan berikut

1. Hindari penggunaan uang untuk kebutuhan konsumtif

Kebutuhan konsumtif itu seperti liburan, makanan, dan berbelanja yang berlebihan. Perilaku ini yang terkadang masih sering tiba-tiba kita lakukan karena untuk mengejar prinsip kesenangan sesaat. Kurang-kurangi yaa kebiasaan untuk kebutuhan konsumtif.

2. Menabung

Belajarlah untuk menabung, meskipun tidak banyak namun usahakan untuk menabung. Tabungan yang rutin dilakukan bisa digunakan sebagai investasi kecil-kecilan dan dapat digunakan dikemudian hari untuk kebutuhan perkuliahan.

3. Belajar menentukan berbagai sumber keuangan

Memang benar sebagai mahasiswa pemasukan yang diperoleh dari orang tua untuk keperluan kuliah dan biaya hidup selama menempuh pendidikan. Meskipun demikian, kita juga perlu untuk menentukan sumber keuangan lain, misalkan mencoba berwirausaha atau bekerja secara freelance. Mencari sumber keuangan lain ini berguna untuk memperoleh tambahan pemasukan yang dapat dialokasikan untuk kegiatan bermanfaat lainnya, seperti mengikuti kursus di luar perkuliahan.

4. Menentukan jenis pengeluaran setiap bulannya

Artinya kita perlu membuat list daftar belanja yang perlu dikeluarkan setiap bulannya dan mengalokasikan dana tersebut serta mengeluarkan dana sesuai dengan dana yang dialokasikan. Jenis pengeluaran yang wajib dialokasikan, seperti pulsa, membayar sewa kost, uang transportasi, uang makan sehari-hari, uang membeli buku, dan foto kopi.

5. Buatlah laporan keuangan

Ini penting untuk kita lakukan mulai dari sekarang agar kita tahu uang yang kita miliki digunakan untuk apa saja sih. Bahkan, dengan membuat laporan keuangan ini akan membantu kita dalam mengontrol pengeluaran pada saat ini dan di masa depan.

6. Membuat dana cadangan atau dana darurat

Hal ini penting untuk membantu kita menghadapi pengeluaran yang tidak terduga, seperti membeli tinta printer dan biaya berobat jika sakit.

7. Kendalikan diri

Ingat ya, kunci dalam mengelola keuangan adalah kemampuan kita untuk mengendalikan diri, terutama dalam hal pengeluaran dan kebutuhan konsumtif. Berusahalah untuk mengendalikan pikiran bahwa keuangan yang perlu dikeluarkan sesuai dengan pos-pos yang telah dibuat. Patuhilah yang telah disusun agar tidak mengalami pemborosan dalam keuangan.
Mulailah tips-tips tersebut dari sekarang, jadikan mengatur keuangan sebagai kebiasaan hidup kita. Tujuannya agar kelak kita bisa mencapai kemandirian finansial.(Indri)