KENALI YUK, APA ITU FORGIVENESS?

“Sudah pernahkah kalian mendengar kata forgiveness? Jika ada yang belum pernah mendengar, perhatikan baik-baik penjelasan di bawah ini yaa…

Tulisan ini penting bagi kalian yang ingin memiliki karakter forgiveness dalam diri kalian.

Forgiveness atau memaafkan itu mengandung dua makna:

1. Memberikan maaf

2. Meminta maaf

Mungkin ada di antara kita yang pernah memiliki peristiwa traumatis di masa lalu, kemudian peristiwa itu mengendap di alam bawah sadar, hingga akhirnya menjadi penggerak otomatis ketika ada peristiwa yang menyerupai. Akibatnya pikiran dan emosi yang sifatnya negatif menjadi bangkit. Emosi dan pikiran negatif itu seperti menyesal, sedih, rendah diri, dan cemas. Situasi ini mendorong kita untuk mengembangkan forgiveness atau memaafkan dalam diri.

Memaafkan ini dapat dimaknai adanya kehendak yang kuat dalam diri kita sebagai seorang korban untuk berusaha melepaskan penilaian negatif atas perilaku tidak baik atau kejahatan yang dilakukan orang lain dan melukai diri sendiri dan menggantinya dengan belas kasih. Memaafkan ini membuat kita sembuh dari luka batin yang mungkin sudah lama di pendam. Luka batin apapun yang pernah kita alami di masa lalu perlu kita maafkan.

Seseorang yang berhasil untuk memaafkan berarti berhasil untuk mengatasi dan menguasai diri sendiri untuk peristiwa yang telah menyakitkan. Ketika kita memilih untuk memendam peristiwa yang menyakitkan, sebenarnya kita memilih untuk membuat diri sendiri menderita secara emosional. Kenapa demikian? Sebab menyebabkan muncul kebencian, penyesalan, maupun kecemasan dalam diri. (Indri)

Berusahalah untuk memaafkan diri sendiri maupun orang lain agar bebas dari kehidupan masa lalu dan memberikan masa depan yang lebih baik.