4 LANGKAH MEMBANGUN KARIER MULAI NOL

“Kesehatan mental akhir-akhir ini menjadi isu yang menarik untuk dikaji. Banyak dari kita sedang disibukkan dengan bagaimana tetap membuat mental tetap sehat, pada hal kondisi tidak memungkinkan untuk bertahan. Kehadiran covid-19, kehidupan sosial ekonomi yang tidak sesuai dengan harapan, dan bahkan banyak yang dibayangi ketakutan di masa depan, karena situasi yang tidak menentu saat ini. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental itu penting! Bagaimana caranya?”

1. Coba dalami dan selami perasaanmu

Hal ini kaitannya dengan cobalah untuk mendalami perasaanmu ketika dihadapkan pada situasi tertentu, terutama yang tidak menguntungkan. Rasakan perasaan kecewa, sedih, bahagia, susah, maupun senang itu dan terimalah sebagai bagian dari dirimu. Setelah bisa menerima dan jika rasa yang menyakitkan itu masih ada, cobalah untuk menyalurkan pada hal-hal yang bermanfaat agar dapat mengubah rasa kecewa menjadi bahagia.

2. Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai harapan, kecemasan merupakan hal yang wajar muncul dalam diri kita

Kecemasan itu sebenarnya masih wajar dialami oleh diri kita ketika dihadapkan pada ketidaksesuaian kondisi yang diinginkan. Bahkan, kecemasan ini juga membuat kita bisa lebih waspada terhadap situasi yang mengancam untuk mengambil tindakan yang sesuai.

3. Membatasi kegiatan berselancar di media sosial

Jika informasi yang dibagikan di media sosial, entah itu instagram, twitter, facebook, atau media sosial lainnya membuatmu merasa tidak nyaman dan tidak tenang atau terganggu, sebaiknya mulai dibatasi penggunaannya. Mulai dari sekarang! Jangan tunggu besok-besok, bahkan kalau perlu dibuat jadwal kapan bisa mengakses media sosial dan apa yang pantas untuk diakses.

4. Mengurangi asupan berita-berita yang dapat memicu kecemasan

Membatasi membaca berita juga penting dan dibutuhkan oleh diri kita agar mengurangi kecemasan. Mungkin dalam satu hari cukup membaca maksimal 3 berita yang sekiranya kita butuhkan dan tentunya dari sumber yang terpercaya.

5. Berbicaralah dengan orang sekitarmu, seperti orang tua, teman, maupun orang yang kita anggap penting dalam hidup kita

Mungkin ada seseorang dalam hidup kita yang dibutuhkan untuk membantu mengatasi masalah yang sedang kita hadapi. Sampaikan atau komunikasikan yang kita rasakan. Terhubung dengan orang lain akan membantu kita menyadari bahwa kita tidak sendiri dan masih ada orang lain yang peduli dengan diri kita.

6. Berbicaralah dengan diri sendiri

Tahukah kalian jika berbicara dengan diri sendiri ini penting? Berusahalah untuk berbicara dengan dirimu sendiri tentang apapun yang dirasakan. Hal ini akan membantu mengurangi kecemasan, mengurangi persepsi negatif, dan mampu membantu kita untuk mengontrol diri sendiri.

7. Cobalah untuk berbaik hati pada diri sendiri dan orang lain

Kesehatan mentalmu itu penting kawan dan berbuat baik kepada orang lain juga penting. Belajarlah untuk berpikir positif dan bertindak positif, serta jangan lupa untuk membantu orang lain sebagai wujud bahwa kita juga peduli pada sekitar kita.
Demikian beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. Selamat mencoba. (Indri)