Universitas Negeri Malang (UM) menerima kunjungan dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dengan agenda benchmarking kurikulum di Gedung Garaha Rektorat Universitas Negeri Malang hari ini, Rabu (2/3/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Universitas Negeri Malang dan satu perwakilan dari UTM.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LPPP) Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Hardika, M.Pd. Dalam sambutannya, Ketua LPPP mengatakan bahwa pembaharuan kurikulum itu fleksibel tidak perlu menunggu jangka waktu 4-5 tahun, menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan di lapangan.

Kegiatan dimulai dengan paparan kurikulum dari UTM oleh Dr. Shahrin Mohammad dan dilanjutkan dengan paparan kurikulum dari UM oleh Dr. Ibrohim, M.Si. Paparan ini memberikan gambaran tentang kurikulum di kedua universitas dan memperlihatkan perbedaan dan kesamaan yang ada. Dalam sesi tanya jawab dan sharing yang diadakan setelahnya, kedua belah pihak saling bertukar informasi dan ide untuk meningkatkan kurikulum yang ada.

Pada akhir sesi Dr. Shahrin Mohammad dari UTM mengatakan bahwa  beliau sangat senang bisa bergabung dalam kegiatan ini dan berharap bisa menjalin kerjasama yang lebih baik dengan Universitas Negeri Malang di masa depan.

Kegiatan benchmarking kurikulum antara Universitas Negeri Malang dan Universiti Teknologi Malaysia diharapkan dapat membuka peluang kerjasama yang lebih baik di bidang pendidikan. Kegiatan ini menunjukkan komitmen kedua universitas untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan berkontribusi bagi pembangunan bangsa.