Malang, 17 Mei 2023 – Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajarann (LPPP) Universitas Negeri Malang (UM) dengan bangga mengumumkan kelulusan dari peserta yang mengikuti Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI). Kegiatan Progres Report PEKERTI merupakan tanda berakhirnya serangkaian dari proses pelatihan, dan menunjukkan bahwa LPPP berhasil mencapai tujuannya dalam mempersiapkan para peserta menjadi pendidik profesional yang berkualitas.

Pelatihan PEKERTI ini berlangsung selama 8 hari pertemuan tatap muka dan 2 bulan tugas mandiri. Dalam tugas mandiri, mereka harus mengembangkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP), serta menciptakan konten pembelajaran yang relevan dan menarik.

Konten pembelajaran tersebut kemudian diterapkan dalam praktik pembelajaran dengan lesson studi, di mana para peserta memiliki kesempatan untuk mengimplementasikan dan mengevaluasi efektivitas materi yang telah mereka persiapkan. Hasil akhir dari tugas mandiri ini adalah video laporan praktik pembelajaran dengan lesson studi, yang menjadi salah satu kriteria penilaian.

Kepala Pusat Kurikulum, Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd memimpin langsung kegiatan Progres Report PEKERTI yang diadakan di Aula Gedung H8 Universitas Negeri Malang. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Lia Yuliati, M.Pd berpesan kepada para peserta agar tetap aman dan terus berupaya menjadi pendidik profesional yang berdedikasi. Selain itu, untuk lebih melengkapi keprofesionalan mereka sebagai pendidik, peserta yang telah lulus akan mengikuti pelatihan Applied Approach.

PEKERTI telah menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, LPPP berhasil mencetak generasi baru pendidik yang mampu memberikan pembelajaran berkualitas dan inovatif kepada peserta didik di seluruh negeri.

Dengan kelulusan peserta pelatihan tersebut, LPPP berharap bahwa peserta PEKERTI yang baru saja lulus dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam dunia pendidikan, menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh selama pelatihan ini. Pencapaian ini juga menjadi bukti komitmen dan dedikasi tinggi LPPP dalam melahirkan pendidik-pendidik yang berkualitas untuk masa depan bangsa.

Untuk informasi lebih lanjut tentang PEKERTI dan Pelatihan AA, dapat menghubungi LPPP di laman resmi lp3.um.ac.id atau mengunjungi kantor di Graha Rektorat Universitas Negeri Malang Lantai 5.