Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (PKP) Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan Workshop Pengembangan Pedoman Pembelajaran dan Monev Kelas Internasional pada tanggal 23 Mei 2023. Acara yang berlangsung di Hotel Swiss-Belinn Malang tersebut diikuti oleh 37 peserta dosen UM.

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Universitas Negeri Malang, Bapak Drs. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed., Ph.D. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya persiapan UM dalam menghadapi era sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH). Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah pengembangan kelas internasional di universitas ini.

Bapak Drs. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed., Ph.D. mengungkapkan bahwa kelas internasional dapat melibatkan mahasiswa dari dalam negeri atau mahasiswa dari luar negeri yang datang ke UM untuk mengikuti perkuliahan. Beberapa departemen di UM telah berhasil menyelenggarakan kelas bilingual, namun langkah selanjutnya adalah bagaimana meningkatkannya menjadi kelas internasional.

Dalam workshop ini, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran diharapkan dapat memberi peran penting dalam mengawal pelaksanaan kelas internasional di UM. PKP diharapkan mampu mengembangkan pedoman pembelajaran yang sesuai dengan standar kelas internasional serta memonitoring dan mengevaluasi kinerja kelas internasional secara efektif.

Acara ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam upaya UM untuk meningkatkan reputasi sebagai perguruan tinggi yang mampu menyelenggarakan kelas internasional yang berkualitas. Dengan adanya kelas internasional, UM diharapkan dapat menarik minat mahasiswa dan dosen dari berbagai negara serta memperluas jaringan kerjasama internasional dengan institusi pendidikan lainnya.