Pusat Media dan Sumber Belajar (PMSB) LPPP Universitas Negeri Malang (UM) telah sukses menyelenggarakan Workshop Sipejar bertajuk “Desain Pembelajaran berbasis Dronagogy” pada hari Rabu, tanggal 7 Juni 2023. Acara ini dilangsungkan di Aula A21 lantai 9 UM dan diikuti oleh 95 orang dosen UM.

Workshop tersebut dibuka oleh Ketua LPPP UM, Prof. Dr. Hardika, M.Pd. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Hardika menyampaikan bahwa penggunaan sistem pembelajaran Sipejar mengalami penurunan. Namun, di tengah era pandemi COVID-19, penggunaan Sipejar justru meningkat. Beliau juga menyatakan bahwa COVID-19 seharusnya menjadi pemicu optimalisasi pemanfaatan Sipejar, mengingat fitur-fitur yang ada di dalamnya sudah sangat beragam dan dapat dimanfaatkan secara baik.

Narasumber dalam workshop ini adalah Dr. Henry Praherdhiono, S.Si., M.Pd, Dr. Munzil, M.Si, serta Mahmuddin Yunus, S.Kom, M.Cs. Ketiganya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas mengenai dronagogy dan mampu memberikan wawasan yang berharga kepada peserta workshop.

Dalam workshop ini, para peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai konsep dronagogy dan bagaimana menerapkannya dalam desain pembelajaran. Mereka juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai penggunaan dronagogy dalam konteks pengajaran di kelas.