Pusat Kehidupan Beragama dan Karakter (PKBK) LPPP Universitas Negeri Malang menyelenggarakan seminar Rohani Agama Katolik pada hari Jumat, 29 September 2023 di Aula B17 LPPP UM.

Seminar yang bertajuk “Muda, Berkarya dan Beriman Katolik” diarahkan untuk meningkatkan penguatan praktik beribadah di kalangan mahasiswa dalam menyikapi tuntutan menjadi agen perubahan yang kreatif dan inovatif.

Seminar dibuka oleh Kepala Pusat Kehidupan Beragama dan Karakter (PKBK) LPPP Universitas Negeri Malang, Dr. Achmad Sultoni, S.Ag, M.Pd.I. Acara dihadiri oleh sekitar 140 peserta yang merupakan mahasiswa-mahasiswi baru UM Angkatan 2023 yang mengambil mata kuliah Agama Katolik di semester ganjil 2023/2024 dan semester genap 2023/2024.

Seminar ini menghadirkan dua narasumber yakni Romo Dr. Paulus Teguh Kusbiantoro, O.Carm, Lic.Th. dari Ordo Karmel Indonesia dan Dr. Agustinus Indradi, M.Pd dari Universitas Widya Karya.

Acara terlaksana dengan menyenangkan dimana masing-masing narasumber menyampaikan materi dengan interaktif yang tidak jarang mengundang gelak tawa hadirin.

Romo Dr. Paulus Teguh Kusbiantoro, O.Carm, Lic.Th. menyampaikan materi tentang upaya menggali mistik dalam kehidupan sehari-hari untuk dapat menyucikan hati lewat doa dan sabda. Romo Teguh juga banyak bercerita pengalaman mistik beliau seperti saat mendaki gunung dan studi lanjut di Jerman.

Sementara Dr. Agustinus Indradi, M.Pd menyampaikan penerapan pendalaman kitab suci dengan gembira agar menjadi militan Katolik. Bahkan Pak Agus mendorong keikutsertaan peserta untuk bermain sulap dan mempraktikkan atraksi melepaskan diri dari ikatan tali.

Di sela-sela acara, kakak-kakak pengurus Ikatan Keluarga Katolik (IKK) St Gabriel membawakan ice breaking kepada para peserta sehingga membuat para peserta tetap bersemangat.

Acara kemudian diakhiri dengan harapan para peserta dapat memiliki peningkatan pemahaman dan kreativitas dengan tetap berdasarkan pada ajaran agama Katolik. (TS)