Pada tanggal 16 November 2023, Pusat Praktik Kerja dan Pengalaman Lapangan (PPKPL) yang merupakan bagian dari Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LPPP) Universitas Negeri Malang sukses menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru Pamong Program Asistensi Mengajar. Acara ini berlangsung di Gedung B17 LPPP UM dan menjadi magnet bagi 107 guru yang bersemangat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan mereka.

Kepala PPKPL, Dr. Sopingi, S.Sos., M.Pd, secara resmi membuka acara dengan semangat dan harapan besar untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pengembangan kompetensi guru. “Workshop ini menjadi wadah untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman dalam mendukung pertumbuhan pendidikan yang berkualitas,” ujar Dr. Sopingi.

Narasumber dalam acara ini terdiri dari dosen berpengalaman di bidangnya, yaitu Fariza Wahyu Arizal, S.Sn., M.Sn, dan Rully Aprilia Zandra, S.Pd., M.Pd., M.Sn. Kedua narasumber ini membawa perspektif yang beragam dan berharga bagi para peserta untuk mengeksplorasi berbagai metode dan strategi baru dalam proses pembelajaran.

Tidak hanya dihadiri oleh guru-guru dari Kota Malang dan Kabupaten Malang, tetapi juga dari luar Kota Malang, menunjukkan antusiasme dan kesadaran akan pentingnya pengembangan profesionalisme di bidang pendidikan.

Workshop ini tidak hanya menjadi forum untuk berbagi pengetahuan, tetapi juga untuk membangun jaringan antar guru yang bisa menjadi modal penting dalam pengembangan pendidikan di masa depan. Dengan begitu, diharapkan adanya kolaborasi yang lebih luas dan terbuka di antara institusi pendidikan di Indonesia. Jn