Pusat Kehidupan Beragama dan Karakter (PKBK) Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LPPP) Universitas Negeri Malang menggelar Doa Akhir Tahun 2023 pada tanggal 29 Desember 2023 sebagai wujud kebersamaan lintas agama dalam merayakan momen pergantian tahun.

Masing-masing agama mengadakan doa bersama dengan pemateri yang berkompeten dalam bidangnya. Agama Islam, narasumber oleh K.H. Drs. Moh. Dahlan Ridwan, Tokoh Agama Islam Malang, mengadakan doa di Masjid Al Hikmah UM dengan tema “Muhasabah Diri untuk Meningkatkan Kualitas Diri dan Prestasi”.

Sementara itu, Agama Kristen dan Katolik menyelenggarakan doa bersama di Aula Gedung A19 Lantai 9 UM, narasumber oleh Pdt. Astrid Herdata Sopamena, S.TH dari GPIB Immanuel Malang dan RD Donatus Dole, M.Pd dari Seminari Interdiosesan San Giovanni XIII Malang. Mereka membahas tema “Bersyukur dalam Doa dan Menyambut Tahun Baru dalam Damai Kristus”.

Tidak ketinggalan, Agama Hindu juga mengadakan doa akhir tahun 2023 di Aula Gedung B17 lantai 2 UM dengan tema “Dengan Landasan Satyam, Siwam, Sundaram, dan Samanam Kita Sambut Tahun Baru dengan Semangat Kerja Keras untuk Indonesia Maju”. Dengan Narasumber Bapak Sutomo Adi Wijaya, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kab. Malang.

Prof. Dr. Hariyono, M.Pd., Rektor Universitas Negeri Malang, membuka acara tersebut yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Malang. “Kegiatan ini adalah bentuk kebersamaan kita dalam merayakan momen penting sekaligus mempererat tali silaturahmi antarumat beragama di lingkungan kampus,” ungkapnya.

Acara Doa Akhir Tahun ini menjadi momentum yang berharga bagi civitas akademika UM untuk meningkatkan toleransi, kebersamaan, dan menguatkan nilai-nilai keagamaan serta keberagaman sebagai bagian integral dalam kehidupan kampus.

Diharapkan, semangat kebersamaan lintas agama seperti ini dapat terus terjaga dan menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya dalam memelihara keharmonisan dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia. Jn