Tim Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berkunjung ke Pusat Layanan Penyandang Berkebutuhan Khusus (PLPBK) Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LPPP) Universitas Negeri Malang (UM) pada tanggal 16 Januari 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk memahami dan belajar lebih lanjut mengenai proses pendataan mahasiswa disabilitas yang diterima di lingkungan Universitas Negeri Malang.

Kunjungan ini mendapat sambutan yang sangat baik dari Kepala PLPBK UM, beserta tim pengembangnya. Pertemuan tersebut diwarnai dengan diskusi yang hangat dan penuh kolaborasi antara kedua belah pihak. Kepala PLPBK menyambut baik inisiatif UAD untuk mengeksplorasi dan memahami langkah-langkah efektif dalam menerima dan mendukung mahasiswa disabilitas.

Salah satu tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proses pendataan mahasiswa disabilitas yang masuk ke UM. Tim dari UAD tertarik untuk menggali praktik terbaik yang telah dilakukan oleh UM dalam mengakomodasi kebutuhan khusus mahasiswa disabilitas.

Dalam sesi pertemuan, tim dari UAD berbagi pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi di kampus mereka sendiri. Kepala PLPBK Universitas Negeri Malang juga memberikan wawasan yang berharga tentang keberhasilan mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif.

Tim PSLD Yogyakarta berencana untuk menerapkan temuan dan pelajaran yang mereka dapatkan dari kunjungan ini guna meningkatkan sistem pendukung bagi mahasiswa disabilitas di kampus mereka. Semangat kolaboratif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih inklusif dan mendukung bagi semua mahasiswa. Jn